Jumat, 12 Agustus 2011

RPP Tematik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema: Diri Sendiri Kelas I Semester I
Alokasi Waktu: 3 Minggu


Standar Kompetensi    :
1.      IPS                           :  1.   Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.      IPA                          :  1.   Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKn                          :  1.   Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.      Matematika              :  1.   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5.      Bahasa Indonesia     :
·         Mendengarkan   :  1.   Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·         Berbicara            :  2.   Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
·         Membaca            :  3.   Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·         Menulis              :  4.   Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan
Keterampilan (SBK):  1.   Mengapresiasi karya seni rupa.
2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi Dasar        :
1.      IPS                           :  1.1    Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
2.      IPA                          :  1.1    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKn                          :  1.1    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
4.      Matematika              :  1.1    Membilang banyak benda.
                                          1.2    Mengurutkan banyak benda.
5.      Bahasa Indonesia     : 
:  1.1    Membedakan berbagai bunyi bahasa
:  2.1    Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
:  2.3    Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
:  4.1    Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan  bentuk huruf.
:  4.2    Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
:  4.3    Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.



6.      Seni Budaya dan
Keterampilan (SBK):  1.1    Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.
                                    2.2    Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek.
Indikator :
1.      IPS :
  • Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan beserta usianya.
  • Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah.
  • Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2.      IPA :
  • Menunjukkan bagian-bagian tubuh misalnya (mata, hidung, telinga, dll).
  • Menceritakan kegunaannya bagian-bagian tubuh yang diamati.
  • Menjelaskan cara merawat tubuh.
  • Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

3.      PKn :
  • Menjelaskan ciri-cirinya pisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
  • Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
  • Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan.

4.      Matematika :
  • Menyebutkan banyak benda.
  • Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak. Lebih sedikit atau sama banyak.
  • Membaca dan menulis lambang bilangan.
  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
  • Membilang loncat 2, 3 dan 4.

5.      Bahasa Indonesia :
  • Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan.
  • Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
  • Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
  • Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
  • Menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.
  • Menyebutkan nama anggota tubuh dan kegunaannya dengan kalimat sederhana.
  • Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
  • Menyalin/mencontoh huruf, kata dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan  benar.
  • Menyalin/mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru ke dalam buku sendiri.
  • Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
  • Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
  • Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
  • Membuat benda dengan menggunakan teknik menggunting/menyobek.
  • Berbagai karya benda mainan.


I.             Tujuan Pembelajaran 
·         Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumah.
·         Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.
·         Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuh.
·         Siswa dapat menjelaskan ciri-cirinya fisik perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
·         Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan.
·         Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·         Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·         Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan.
·         Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·         Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·         Siswa dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan.
·         Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·         Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-cirinya suatu benda.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·         Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
·         Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·         Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menggunting/ menyobek.

II.          Materi Ajar (Materi Pokok) :
·         Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·         Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaannya dan cara perawatannya.
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Operasi hitung bilangan.
·         Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengarkan.
·         Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·         Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·         Berbagai jenis dan ukuran unsur rupa dua dimensi keberbagai benda.
·         Membuat karya kerajinan.


III.       Metode Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Demonstrasi
·         Pemberian tugas

IV.       Langkah-Langkah Pembelajaran:
A.    Kegiatan Awal :
·         Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/PR.

B.     Kegiatan Inti :
Minggu ke-I
Pertemuan pertama: 3 x 35 Menit (IPA, PKn, Matematika)
·         Mengamati model/gambar anggota tubuh.
·         Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.

·         Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
·         Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
·         Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan.

·         Mengamati benda yang diperlihatkan guru (kancing, kerang, manik-manik, pensil, dan lain-lain).
·         Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa (meja, buku, tas, dll).
·         Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1-5.
·         Menyimak kartu bilangan dengan jumlah benda yang tepat.

Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
·         Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
·         Menyanyikan lagu “Pergi Sekolah”.
·         Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
·         Melakukan tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.

·         Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga dan kerabat.
·         Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
·         Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.

·         Membilang benda yang diamati secara individual dan klasikal.
·         Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1-5.
·         Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
·         Mengisi soal yang berkaitan dengan banyaknya benda.
Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Memperkenalkan identitas diri di depan kelas dengan kalimat yang santun.
·         Secara bergiliran memperkenalkan identitas diri.

·         Menghitung benda pada gambar/model dengan jumlah benda 1-10
·         Menyebutkan jumlah banyak  benda 1-10
·         Meletakkan kartu bilangan dengan jumlah benda yang tepat.
·         Seorang siswa meletakkan benda dan siswa lain menyimpan kartu bilangan yang tepat.

Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya.
·         Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna dan permukaan.
·         Contoh: Bentuknya panjang, digunakan untuk menulis, bisa bergambar dan polos, semua murid memerlukannya.        Deskripsi dari pensil.
·         Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.

·         Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1-15.
·         Menghitung banyaknya benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
·         Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyaknya benda.
·         Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
·         Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.

Pertemuan kelima: 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
·         Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya dan yang berbeda jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
·         Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1-10.
·         Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
·         Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak dengan kedua kelompok benda tersebut.
·         Melakukan hal yang sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
·         Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
·         Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya
·         Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
·         Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu
Kepala, Pundak, Lutut Kaki ....
·         Menunjukkan dan menyebutkan nama anggota tubuh melalui tubuh temannya.





Pertemuan keenam: 3 x 35 menit (SBK, Bahasa Indonesia)
·         Mengenal titik sebagai awal sebuah gambar.
·         Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
·         Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
·         Membuat aneka garis (garis lurus dan garis lengkung) yang membentuk gambar lingkaran, segi tiga atau persedi.
·         Membuat gambar yang berunsur garis.

·         Mengamati gambar anggota tubuh.
·         Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
·         Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaannya dari tiap anggota tubuh.


Minggu ke-II
Pertemuan pertama: 3 x 35 menit (IPA, Matematika, PKn)
·         Mengamati model/gambar anggota tubuh.
·         Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
·         Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
·         Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaannya.
·         Meletakkan kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan pada kartu yang bertuliskan kegunaannya.

·         Mengamati banyak benda yang disediakan guru.
·         Membilang benda tersebut dengan jumlah bervariasi (11-20)
·         Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan banyaknya benda.
·         Membandingkan kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
·         Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda tersebut lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.

·         Menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.
·         Memberikan contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Melakukan diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Mengambil kesimpulan bahwa hak dan kewajiban laki-laki sama ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan sebagai kodrat.

Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
·         Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
·         Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
·         Memperlihatkan lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan benar.
·         Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.

·         Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah.
·         Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
·         Menjelaskan manfaatnya mempunyai alamat tempat tinggal.
·         Menceritakan keadaan sekolah, jarak dan suasana di sekolah.

·         Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·         Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
·         Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyaknya benda di papan tulis.
·         Membaca nama bilangan yang tertera di papan tulis.
·         Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.

Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru.
·         Memperhatikan lembar tugas yang diberikan guru yang harus dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.

·         Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·         Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20.
·         Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyaknya benda di papan tulis.
·         Membaca nama bilangan yang tertera di papan tulis.
·         Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.

Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas  a, i, dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Menebalkan bentuk huruf lepas  a, i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.

·         Membaca lambang bilangan 1-10 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·         Membaca lambang bilangan 11-20 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
·         Membaca lambang bilangan 1-20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
·         Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru.
·         Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
·         Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
Pertemuan kelima: 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
·         Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1-10.
·         Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
·         Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
·         Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.

·         Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Menebalkan bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah dipelajari.

Pertemuan keenam: 3 x 35 menit (SBK, Bahasa Indonesia)
·         Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
·         Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dengan warna dasar yang berbeda.
·         Mewarnai gambar benda alam dengan warna yang sesuai.
·         Mewarnai gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
·         Mengenal warna lain selain warna dasar.

·         Menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf  a, i, u, e, o, m, b, d dan n, b, d.
·         Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
·         Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.


Minggu ke-III
Pertemuan pertama: 3 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
·         Mengamati model/gambar anggota tubuh.
·         Menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.
·         Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
·         Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati.
·         Mendiskusikan secara sederhana manfaatnya merawat anggota tubuh.
·         Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
·         Membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh.

·         Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki.
·         Memperagakan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
·         Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
·         Menjelaskan perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
·         Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.

·         Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1-10.
·         Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
·         Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
·         Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.

Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
·         Menuliskan/menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n dan d.
·         Menyalin/menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan tegak bersambung.
·         Membaca huruf yang sudah ditulis.

·         Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
·         Menjelaskan hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
·         Menjelaskan bahwa kerukunan harus selalu dijaga.

·         Membaca sekelompok bilangan 1-20 secara urut.
·         Melingkari bilangan yang berpola loncat (kelipatan) 2.
·         Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 2.
·         Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis.
·         Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2.

Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
·         Membaca setiap kalimat yang ditulis.

·         Membaca sekelompok bilangan 1-20 secara urut.
·         Melingkari bilangan yang berpola loncat (kelipatan) 3.
·         Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 3.
·         Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis.
·         Membaca nama bilangan yang berpola loncat 3.

Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
·         Menyalin/mencontoh kata yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
·         Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar