Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema: Diri Sendiri Kelas I Semester I
Alokasi Waktu: 3 Minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : 1. Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKn : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : 1. Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
· Membaca : 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : 4. Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan (SBK): 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar :
1. IPS : 1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.
2. IPA : 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKn : 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
4. Matematika : 1.1 Membilang banyak benda.
1.2 Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
: 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
: 2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
: 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
: 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
: 4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
: 4.3 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan (SBK): 1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar.
2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek.
Indikator :
1. IPS :
- Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan beserta usianya.
- Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah.
- Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2. IPA :
- Menunjukkan bagian-bagian tubuh misalnya (mata, hidung, telinga, dll).
- Menceritakan kegunaannya bagian-bagian tubuh yang diamati.
- Menjelaskan cara merawat tubuh.
- Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3. PKn :
- Menjelaskan ciri-cirinya pisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
- Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
- Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan.
4. Matematika :
- Menyebutkan banyak benda.
- Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak. Lebih sedikit atau sama banyak.
- Membaca dan menulis lambang bilangan.
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
- Membilang loncat 2, 3 dan 4.
5. Bahasa Indonesia :
- Mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan.
- Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
- Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
- Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
- Menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.
- Menyebutkan nama anggota tubuh dan kegunaannya dengan kalimat sederhana.
- Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
- Menyalin/mencontoh huruf, kata dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
- Menyalin/mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru ke dalam buku sendiri.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
- Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
- Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
- Membuat benda dengan menggunakan teknik menggunting/menyobek.
- Berbagai karya benda mainan.
I. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumah.
· Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.
· Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuh.
· Siswa dapat menjelaskan ciri-cirinya fisik perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
· Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan.
· Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
· Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
· Siswa dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan.
· Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
· Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
· Siswa dapat mencocokkan gambar sesuai dengan informasi yang didengarkan.
· Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
· Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
· Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
· Siswa dapat menyebutkan ciri-cirinya suatu benda.
· Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
· Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
· Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
· Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menggunting/ menyobek.
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
· Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaannya dan cara perawatannya.
· Hidup rukun dalam perbedaan.
· Operasi hitung bilangan.
· Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengarkan.
· Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
· Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
· Berbagai jenis dan ukuran unsur rupa dua dimensi keberbagai benda.
· Membuat karya kerajinan.
III. Metode Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya jawab
· Demonstrasi
· Pemberian tugas
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:
A. Kegiatan Awal :
· Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR.
B. Kegiatan Inti :
Minggu ke-I
Pertemuan pertama: 3 x 35 Menit (IPA, PKn, Matematika)
· Mengamati model/gambar anggota tubuh.
· Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
· Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
· Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
· Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
· Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan.
· Mengamati benda yang diperlihatkan guru (kancing, kerang, manik-manik, pensil, dan lain-lain).
· Mengamati benda yang ada di sekeliling siswa (meja, buku, tas, dll).
· Membilang benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1-5.
· Menyimak kartu bilangan dengan jumlah benda yang tepat.
Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
· Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
· Menyanyikan lagu “Pergi Sekolah”.
· Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
· Melakukan tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
· Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga dan kerabat.
· Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
· Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
· Membilang benda yang diamati secara individual dan klasikal.
· Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1-5.
· Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
· Mengisi soal yang berkaitan dengan banyaknya benda.
Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Memperkenalkan identitas diri di depan kelas dengan kalimat yang santun.
· Secara bergiliran memperkenalkan identitas diri.
· Menghitung benda pada gambar/model dengan jumlah benda 1-10
· Menyebutkan jumlah banyak benda 1-10
· Meletakkan kartu bilangan dengan jumlah benda yang tepat.
· Seorang siswa meletakkan benda dan siswa lain menyimpan kartu bilangan yang tepat.
Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya.
· Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna dan permukaan.
· Contoh: Bentuknya panjang, digunakan untuk menulis, bisa bergambar dan polos, semua murid memerlukannya. Deskripsi dari pensil.
· Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
· Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1-15.
· Menghitung banyaknya benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
· Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyaknya benda.
· Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
· Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
Pertemuan kelima: 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
· Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya dan yang berbeda jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
· Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1-10.
· Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
· Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak dengan kedua kelompok benda tersebut.
· Melakukan hal yang sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
· Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
· Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
· Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
· Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu
“Kepala, Pundak, Lutut Kaki ....”
· Menunjukkan dan menyebutkan nama anggota tubuh melalui tubuh temannya.
Pertemuan keenam: 3 x 35 menit (SBK, Bahasa Indonesia)
· Mengenal titik sebagai awal sebuah gambar.
· Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
· Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis lengkung.
· Membuat aneka garis (garis lurus dan garis lengkung) yang membentuk gambar lingkaran, segi tiga atau persedi.
· Membuat gambar yang berunsur garis.
· Mengamati gambar anggota tubuh.
· Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
· Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaannya dari tiap anggota tubuh.
Minggu ke-II
Pertemuan pertama: 3 x 35 menit (IPA, Matematika, PKn)
· Mengamati model/gambar anggota tubuh.
· Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
· Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
· Menjelaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
· Mengamati gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaannya.
· Meletakkan kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan pada kartu yang bertuliskan kegunaannya.
· Mengamati banyak benda yang disediakan guru.
· Membilang benda tersebut dengan jumlah bervariasi (11-20)
· Menyebutkan nama bilangan sesuai dengan banyaknya benda.
· Membandingkan kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
· Menjelaskan bahwa dua kumpulan benda tersebut lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
· Menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.
· Memberikan contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
· Melakukan diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
· Mengambil kesimpulan bahwa hak dan kewajiban laki-laki sama ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan sebagai kodrat.
Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
· Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
· Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
· Memperlihatkan lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan benar.
· Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
· Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah.
· Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
· Menjelaskan manfaatnya mempunyai alamat tempat tinggal.
· Menceritakan keadaan sekolah, jarak dan suasana di sekolah.
· Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
· Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
· Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyaknya benda di papan tulis.
· Membaca nama bilangan yang tertera di papan tulis.
· Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.
Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru.
· Memperhatikan lembar tugas yang diberikan guru yang harus dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
· Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
· Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20.
· Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyaknya benda di papan tulis.
· Membaca nama bilangan yang tertera di papan tulis.
· Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan dan membacanya secara individual dan klasikal.
Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a, i, dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
· Menebalkan bentuk huruf lepas a, i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
· Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
· Membaca lambang bilangan 1-10 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
· Membaca lambang bilangan 11-20 yang diperlihatkan guru melalui kartu bilangan secara urut.
· Membaca lambang bilangan 1-20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
· Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru.
· Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
· Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
Pertemuan kelima: 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
· Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1-10.
· Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terkecil.
· Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
· Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
· Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
· Menebalkan bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
· Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang sudah dipelajari.
Pertemuan keenam: 3 x 35 menit (SBK, Bahasa Indonesia)
· Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
· Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dengan warna dasar yang berbeda.
· Mewarnai gambar benda alam dengan warna yang sesuai.
· Mewarnai gambar benda lain dengan warna yang sesuai.
· Mengenal warna lain selain warna dasar.
· Menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, i, u, e, o, m, b, d dan n, b, d.
· Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
· Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
Minggu ke-III
Pertemuan pertama: 3 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
· Mengamati model/gambar anggota tubuh.
· Menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.
· Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
· Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati.
· Mendiskusikan secara sederhana manfaatnya merawat anggota tubuh.
· Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
· Membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh.
· Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki.
· Memperagakan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
· Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
· Menjelaskan perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
· Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
· Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1-10.
· Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
· Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
· Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
Pertemuan kedua: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
· Menuliskan/menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n dan d.
· Menyalin/menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan tegak bersambung.
· Membaca huruf yang sudah ditulis.
· Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
· Menjelaskan hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
· Menjelaskan bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
· Membaca sekelompok bilangan 1-20 secara urut.
· Melingkari bilangan yang berpola loncat (kelipatan) 2.
· Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 2.
· Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2 di papan tulis.
· Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2.
Pertemuan ketiga: 3 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
· Membaca setiap kalimat yang ditulis.
· Membaca sekelompok bilangan 1-20 secara urut.
· Melingkari bilangan yang berpola loncat (kelipatan) 3.
· Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 3.
· Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis.
· Membaca nama bilangan yang berpola loncat 3.
Pertemuan keempat: 2 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika)
· Menyalin/mencontoh kata yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
· Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar